Resmi! Presiden Jokowi Lantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN

M. Isa | Kamis, 10/03/2022 16:27 WIB
Resmi! Presiden Jokowi Lantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN Presiden Jokowi melantik kepala dan wakil Otorita IKN (foto: tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe di Istana Negara, Jakarta, Kamis 10 Maret 2022.

“Demi Allah, Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Kepala Otorita dan Wakil Kepala Ibu Kota Nusantara, seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Presiden Jokowi yang diikuti Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan, yang akan dilantik sebagai Kepala Otorita IKN adalah Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN adalah Dhony Rahajoe. Sedangkan Andi Sudirman Sulaiman akan dilantik menjadi Gubernur Sulsel.

“Kamis sore pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Kemudian untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” ucap Heru.

Untuk diketahui, merujuk kepada Pasal 1 angka 10 UU No 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negaa, Kepala Otorita IKN adalah kepala pemerintah daerah khusus Ibu Kota Nusantara. Lalu, Otorita IKN sendiri merupakan pelaksana kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan ibu kota negara serta penyelenggara pemerintah daerah khusus IKN.

Kepala Otorita IKN berkedudukan setingkat Menteri, ditunjuk, diangkat dan diberhentikan oleh presiden setelah melakukan konsultasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).