Komisi IX DPR Minta Pemerintah Masifkan Testing dan Tracing Cegah Omicron

Rahmad Novandri | Rabu, 02/02/2022 17:45 WIB
Komisi IX DPR Minta Pemerintah Masifkan Testing dan Tracing Cegah Omicron Varian baru COVID-19, Omicron. (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM - Kasus COVID-19 varian baru Omicron terus meningkat di Indonesia. Untuk itu, pemerintah mempercepat vaksinasi dan memperketat mobilitas masyarakat agar penyebaran virus corona bisa diminimalisir.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melkiades Laka Lena meminta pemerintah untuk meningkatkan testing dan tracing. Hal itu untuk melacak dan membatasi penyebaran varian Omicron.

"Mudah-mudahan kita bisa melokalisir dan membatasi dan merespons dengan lebih cepat dan Omicron ini tidak menyebar kemana-mana melalui testing dan tracing yang baik," kata Melki seperti dikutip dari laman resmi DPR RI, Rabu, 2 Februari 2022.

Diungkapkannya, dalam beberapa hari terakhir ini angka kasus COVID-19 makin meningkat dan berpotensi naik terus dalam beberapa hari ke depan. Melki menilai pemerintah harus memperketat berbagai macam kebijakan yang selama ini sudah berlangsung, termasuk mengetatkan protokol kesehatan (prokes).

“Satgas ataupun TNI, Polri, Satpol PP maupun berbagai komunitas-komunitas yang mempunyai Satgas di tempat masing-masing untuk mulai mengingatkan dan mendorong agar masyarakat lebih disiplin melaksanakan prokes," tuturnya.

Melki juga mendorong Kementerian Kesehatan memastikan kesiapan rumah sakit menghadapi potensi lonjakan kasus COVID-19. "Dan vaksinasi terus dijalankan bagi yang vaksinasi 1 belum segera dilakukan, bagi yang vaksinasi 2 belum juga segera, dan sudah lewat 6 bulan tentu sudah bisa dapat vaksinasi booster," tukasnya.