Panitia Nasional Terus Persiapkan Penyelenggaraan GPDRR 2022

M. Isa | Jum'at, 28/01/2022 16:36 WIB
Panitia Nasional Terus Persiapkan Penyelenggaraan GPDRR 2022 Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang akan berlangsung pada Mei mendatang terus dipersiapkan oleh Panitia Nasional.

Salah satunya denga melakukan pengecekan mekanisme atau skrining kedatangan PPLN dan kesiapan fasilitas Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat 28 Januari 2022.

Panitia Nasional yang diketuai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (MenkoPMK) Muhadjir Effendy meninjau secara langsung dan mendapatkan penjelasan dari otoritas bandara.

Sehubungan dengan prosedur yang berlaku pada kedatangan internasional, Muhadjir menyampaikan perlu ada antisipasi apabila sekitar 5.000 peserta hadir.

"Harus ada skenario yang perlu diatur kembali untuk menfasilitasi banyaknya peserta yang mungkin hadir nanti," kata Muhadjir.

Tempat kedatangan juga dilengkapi dengan pengecekan tes PCR untuk memastikan kondisi kesehatan delegasi dan keamanan penyelenggaraan GPDRR 2022 serta pengendalian pandemi Covid-19. 

Pihak otoritas bandara telah mempersiapkan jalur fast track untuk membantu mereka yang dokumennya belum lengkap. Selain itu, pihak otoritas dibantu oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan untuk pelaksanaan swab PCR. 

Menurut pihak otoritas bandara, estimasi maksimal waktu yang dibutuhkan selama waktu kedatangan hingga meninggalkan bandara sekitar 1 jam 44 menit, dengan hasil PCR yang sudah diketahui. 

TAG : GPDRR 2022

Berita Terkait :