Politisi PKB Minta Kemenhub Percepat Pengembangan Bandara Malikussaleh Aceh

M. Isa | Kamis, 23/12/2021 17:04 WIB
Politisi PKB Minta Kemenhub Percepat Pengembangan Bandara Malikussaleh Aceh Sofyan Ali (Anggota DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM -  Anggota Komisi V DPR RI Sofyan Ali meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk segera mempercepat pengembangan pembangunan fasilitas Bandara Malikussaleh di Lhokseumawe, Aceh.

Menurut Sofyan Ali, pengembangan pembangunan berupa perpanjangan landasan terbang atau runway bandara menjadi krusial untuk membuka akses penerbangan yang lebih mudah dijangkau oleh berbagai jenis pesawat komersial.


“Sebelumnya (Bandara Malikussaleh) telah menyiapkan landasan pacu yang relatif cukup memenuhi syarat mendarat pesawat jenis ATR dengan beban maksimum. Saya harap dengan rencana perpanjangan landasan ini bisa mendaratkan berbagai  pesawat komersil,” tutur Sofyan Ali di Aceh, Selasa 21 Desember 2021 lalu.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengungkapkan, peningkatan kuantitas sekaligus kualitas fasilitas transportasi udara  turut berperan penting  menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi setiap penumpang.

"Hal ini harus diperhitungkan demi menarik berbagai kalangan untuk datang ke Aceh," tambahnya.

Sofyan menekankan, Aceh perlu mendapat dukungan dalam pengembangan infrastruktur dan pembangunan yang memadai termasuk di Bandara Malikussaleh dan Jalan Kereta Api Lhokseumawe-Bireuen. Menurutnya, pembangunan tersebut bukti menjadi komitmen bersama untuk memudahkan pergerakan barang dan orang dari satu tempat ke tempat lainnya.

“Selain bandara, saya minta Kementerian Perhubungan untuk melanjutkan pembangunan jalur kereta Api Lhokseumawe - Bireuen yang sempat mangkrak,” pinta Sofyan.