Presiden Jokowi Resmikan Bandara Ngloram, Percepat Ekonomi Masyarakat Blora

Rahmad Novandri | Jum'at, 17/12/2021 15:38 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Bandara Ngloram, Percepat Ekonomi Masyarakat Blora Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Provinsi Jawa Tengah, Jumat, 17 Desember 2021. Mengawali kunjungannya, Jokowi meresmikan Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini kita bisa melihat Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah telah selesai dan siap untuk dimanfaatkan masyarakat,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Bandara yang dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 27 hektare ini memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 1.500 x 30 meter dan bisa melayani penerbangan pesawat jenis ATR 72. “Tadi Menteri Perhubungan sudah menyampaikan bahwa satu minggu sudah ada penerbangan dua kali dan selalu penuh. Kita harapkan nanti apabila memang penuh terus dan runway-nya 1.500 (meter) tidak cukup, akan kita perpanjang lagi menjadi 2.000 meter,” ujarnya.

Kepala Negara menyampaikan, Bandara Ngloram dapat mempercepat aktivitas ekonomi di daerah Kabupaten Blora dan sekitarnya, yakni Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Ngawi, serta sebagian Purwodadi dan Rembang. Daera tersbeut, menurut Jokowi, dinilai lebih efisien untuk melakukan penerbangan dari Bandara Ngloram.

“Kita harapkan aktivitas ekonomi menjadi semakin baik, investasi akan masuk ke Cepu, Bojonegoro semakin banyak, distribusi barang dari daerah ke daerah, dari provinsi ke provinsi juga akan semakin meningkat, dan semakin baik. Mobilitas orang antarprovinsi, antarpulau, antarkota, antarkabupaten, semuanya akan bisa kita tingkatkan lebih baik,” tuturnya seperti dilansir dari laan resmi Setkab RI.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian ini Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Blora Arief Rohman.