Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Pemerintah Berantas Mafia Tanah

Rahmad Novandri | Rabu, 22/09/2021 16:10 WIB
Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Pemerintah Berantas Mafia Tanah Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah terus berkomitmen penuh untuk memberantas mafia-mafia tanah di seluruh Indonesia. 

"Saya kembali mengingatkan bahwa pemerintah berkomitmen penuh dalam memberantas mafia-mafia tanah," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, dalam acara "Penyerahan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria", Rabu, 22 September 2021. 

Pada kesempatan itu, Jokowi meminta jajaran Polri untuk tidak ragu menindak dan mengusut mafia tanah. Kembali ditegaskannya, jangan sampai ada aparat penegak hukum yang `mem-backingi` apra mafia tanah. 

"Kepada jajaran Polri saya minta jangan ragu-ragu mengusut mafia-mafia tanah yang ada, jangan sampai ada aparat penegak hukum yang `mem-backingi` mafia tanah tersebut," ujarnya. 

Jokowi menyampaikan, pemerintah tidak hanya menyerahkan sertifikat tanah saja tetapi juga memerintahkan kepada Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menyalurkan bantuan kepada para penerima sertifikat tanah.

"Bantuan berupa modal, bibit, pupuk, dan pelatihan-pelatihan agar tanah yang digarap oleh bapak ibu penerima manfaat reforma agraria lebih produktif. Sekali lagi agar tanah yang ada lebih produktif, memberi hasil untuk membantu kehidupan bapak ibu sekalian," tandasnya.