Gus Muhaimin: Guru Harus Jadi Contoh Patuh Protokol Kesehatan

Ahmad Zubaidi | Senin, 06/09/2021 16:57 WIB
Gus Muhaimin: Guru Harus Jadi Contoh Patuh Protokol Kesehatan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar mengingatkan pentingnya Protokol Kesehatan (Prokes) sepanjang pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang mulai diberlakukan di sejumlah daerah di Indonesia.

Menurut Gus Muhaimin, Prokes wajib dilaksanakan oleh siapapun di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, baik oleh siswa, guru, maupun para pekerja hingga wali murid.

“PTM terbatas sudah mulai diberlakukan, saya ingatkan kembali soal Prokes. Tentunya prokes jadi tanggungjawab semuanya, bukan cuma siswa, tapi juga guru, pekerja sampai wali murid di dalam atau di luar sekolah,” kata Gus Muhaimin di Jakarta, Senin, 6 September 2021.

Meski begitu, dia menekankan guru untuk menjadi contoh yang baik bagi seluruh peserta didik dalam menerapkan Prokes. Dengan begitu, dia optimis PTM bisa berjalan dengan baik dan terhindar dari bahaya Covid-19.

“Setiap guru harus menjadi contoh agar peserta didik tetap mematuhi protokol kesehatan. Sambil juga pelan-pelan menggugah kesadaran siswa untuk mematuhi 5M agar PTM dapat dilakukan dengan tertib dan aman,” tutur Gus Muhaimin.

Wakil Ketua DPR RI ini mewanti-wanti penerapan PTM tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19 seperti yang terjadi di SMA Negeri 1 Sumatera Barat di Padang awal 2021 yang lalu. Saat itu sekolah melakukan PTM dan mengaktifkan kegiatan di asrama, 43 siswa didapati positif Covid-19.

“Jadi harus dipahami betul pengalaman PTM yang sudah-sudah. Kuncinya adalah pada kesiapan, baik kesiapan sekolah, orangtua maupun siswa dengan dukungan penuh pemerintah dan dinas terkait,” tukas Gus Muhaimin.