Ke Lampung, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung

M. Isa | Kamis, 02/09/2021 19:26 WIB
Ke Lampung, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Way Sekampung, Pringsewu, Lampung (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pringsewu, Provinsi Lampung, Kamis 2 September 2021. Salah satu agenda Presiden Jokowi adalah meresmikan Bendungan Way Sekampung.

“Alhamdulillah Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak (tahun) 2016 hari ini telah selesai dan siap difungsikan,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, bendungan Way Sekampung itu menelan biaya sebesar Rp1,78 triliun. Bendungan ini dapat menampung air sebanyak 68 juta meter kuik.

“Bendungan ini menelan biaya Rp1,78 triliun dan memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik, dengan luas genangan 800 hektare,” ujar Presiden Jokowi.

Dikutip laman setkab, bendungan tersebut dapat mengairi 55 ribu hektare daerah irigasi yang ada saat ini ditambah 17.500 hektare areal pertanian baru, menyediakan air baku hingga 2,737 liter per detik, serta berpotensi menghasilkan daya listrik sebesar 5,4 megawatt.

“Mampu mengairi 55.000 hektare daerah irigasi existing dan 17.500 hektare daerah irigasi baru, artinya ini ada ekstensifikasi, menyediakan air baku hingga 2,737 liter per detik, dan sebagai sumber pembangkit listrik 5,4 megawatt, serta, tadi sudah saya sampaikan, juga sebagai pengendali banjir,” papar Presiden.

Dengan menggunakan sistem kaskade, lanjut Presiden, Bendungan Way Sekampung diharapkan dapat menjaga kontinuitas ketersediaan air irigasi di Provinsi Lampung yang merupakan salah satu lumbung pangan nasional.

“Intensitas tanam juga bisa ditingkatkan, dari semula dua kali setahun menjadi tiga kali setahun. Artinya, produksi dipastikan akan meningkat dan kita harapkan kesejahteraan petani juga ikut meningkat. Ini harapan kita,” ujarnya.