Tinjau Vaksinasi Massal, Wapres Harap Herd Immunity Secara Nasional Segera Tercapai

Rahmad Novandri | Kamis, 19/08/2021 16:30 WIB
Tinjau Vaksinasi Massal, Wapres Harap Herd Immunity Secara Nasional Segera Tercapai KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres), KH Maruf Amin mengatakan bahwa Indonesia dapat mencapai kekebalan komunal atau Herd Immunity secara nasional dapat segera terwujud akhir tahun 2021. Hal itu dapat terwujud dengan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara massal kepada masyarakat.

"Memang program Pemerintah untuk mempercepat vaksinasi di Indonesia, supaya diharapkan 2021 akhir nanti sudah tervaksinasi seluruhnya untuk mencapai herd immunity," kata Kiai Maruf saat meninjau vaksinasi COVID-19 di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara di Kabupaten Serang, Banten, Kamis, 19 Agustus 2021.

Diharapkannya, sekitar 77 persen dari total penduduk Indonesia sudah mendapatkan vaksin COVID-19 sehingga kekebalan tersebut dapat tercapai. "Saya ingin Indonesia ini sudah selesai sebanyak 77 persen dari penduduknya sudah divaksinasi, yaitu sekitar 208 juta penduduk," ujarnya.

Karena itu, Wapres mendorong seluruh masyarakat memiliki kemauan untuk divaksin COVID-19 untuk mempercepat tercapainya kekebalan komunal secara nasional. "Saya harap seluruh masyarakat ini mau divaksin, terutama untuk supaya tercapainya kekebalan kelompok dan juga ini masalah perintah agama," tuturnya.

Dilansir dari antaranews.com, vaksinasi di Ponpes An-Nawawi Tanara tersebut diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut sebagai rangkaian Program Serbuan Vaksinasi COVID-19, dengan target sekitar 3.000 orang, yang terdiri atas 1.000 santri, 200 pengurus pesantren, 200 mahasiswa dan 1.600 orang dari masyarakat setempat.