Cek Data Vaksinasi, Kemenkes Luncurkan Dashboard Vaksinasi COVID-19

M. Isa | Senin, 19/04/2021 19:33 WIB
Cek Data Vaksinasi, Kemenkes Luncurkan Dashboard Vaksinasi COVID-19 Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan Dashboard Vaksinasi COVID-19 melalui website vaksin.kemkes.go.id untuk mempermudah masyarakat melakukan pengecekan dan kontrol terkait data vaksinasi covid-19.

"Website tersebut dibuat dalam rangka wujud transparansi sekaligus open data vaksinasi COVID-19," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya, Senin 19 April 2021.

Menurut Menkes, masyarakat bisa sama-sama memantau progres vaksinasi dan ini juga bisa menjadi referensi utama satu data terkait dengan vaksinasi.

"Dalam dashboard tersebut berisikan informasi bukan hanya vaksinasi tapi juga berkaitan dengan fasilitas vaksinasi atau sentra vaksin, kemudian juga berkaitan dengan KIPI, distribusi vaksin dan informasi lainnya," ungkapnya.

Menkes menuturkan, dalam Dashboard Vaksinasi COVID-19 pada halaman pertama muncul informasi data sasaran vaksinasi per 100 penduduk yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis1. Ada pula data sasaran vaksinasi tahap 1 dan 2, total vaksinasi dosis 1, dan total vaksinasi dosis 2.

Terdapat juga tampilan cakupan vaksinasi berdasarkan kategori yaitu tenaga kesehatan, lanjut usia, dan petugas publik. Untuk masing-masing kategori akan muncul angka cakupannya sehingga nanti bisa diketahui mana yang perlu dindorong pemberian vaksinasinya.

“Kita welcome untuk menerima masukan. intinya supaya ada kelola yang baik dan masyarakat juga bisa melihat dan bisa menilai seperti apa progress vaksinasi COVID-19,” jelas Menkes.