Presiden Jokowi Yakin PKB Tak Akan Kendor Tebarkan Moderasi Beragama

M. Isa | Kamis, 08/04/2021 13:56 WIB
Presiden Jokowi Yakin PKB Tak Akan Kendor Tebarkan Moderasi Beragama Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Musyawarah Kerja Nasional Partai Kebangkitan Bangsa (Mukernas PKB) dan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 8 April 2021.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyakini PKB tak akan kendor untuk menyemai nilai-nilai moderasi dan menebarkan moderasi beragama dengan menjunjung tinggi nilai toleransi.

“Sebagai partai yang Ahlussunnah Wal Jamaah, saya menyakini PKB tidak kendor untuk terus menyemai nilai-nilai moderasi, nilai-nilai thawasut, nilai-nilai keseimbangan dan terus menebarkan moderasi beragama, menjunjung tinggi toleransi serta kerukunan antar umat beragama sehinga radikalisme terorisme tidak ada lagi di negara yang kita cintai ini Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Buka Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama

Menurut Presiden Jokowi, Pemerintah terus berkomitmen untuk selalu menghidupkan moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat. Toleransi adalah bagian yang sangat penting dalam moderasi beragama.

“Ekslusivitas dan ketertutupan jelas tidak sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika,” tegasnya.

“Sikap pemerintah tegas tidak akan berkompromi terhadap tindakan intoleransi yang merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” sambungnya.

Jokowi menuturkan, NU dan PKB konsisten mengikuti dawuh KH Hasyim Asy`ari di mana agama dan nasionalisme tidaklah bertentangan. Namun, lanjutnya, justru saling menopang satu sama lain.

"Saya percaya, PKB hari ini dan seterusnya akan terus mewarisi semangat Hadratussyekh KH Hasyim Asy`ari. Terus memperkuat fondasi keagamaan dan kebangsaan untuk mewujudkan baldatun tayyibatun warabbun ghofur," katanya.