Update: 932 Warga Diungsikan Akibat Kebakaran Kilang Minyak Pertamina

M. Isa | Selasa, 30/03/2021 16:56 WIB
Update: 932 Warga Diungsikan Akibat Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Kilang Minyak PT Pertamina Kebakaran (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Sebanyak 932 jiwa diungsikan setelah Kilang Minyak milik PT. Pertamina di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengalami kebakaran, Senin 29 Maret 2021 dini hari.

Berdasarkan laporan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu yang berhasil dihimpun hingga pukul 15.40 WIB, para pengungsi tersebut terbagi di tiga titik meliputi 220 jiwa di GOR Komplek Perum Pertamina Bumi Patra, 320 jiwa di Pendopo Kantor Bupati Indramayu dan 392 jiwa di Gedung Islamic Center Indramayu.

"Selain itu, jumlah korban jiwa yang terdampak dari peristiwa itu ada 6 orang luka berat dan 29 orang luka ringan. Sementara itu 1 orang dilaporkan meninggal dunia akibat serangan jantung saat terjadi ledakan," kata Humas BNPB, Raditya Jati dalam keterangan persnya, Selasa 30 Maret 2021.

Menurut Raditya, peristiwa terbakarnya tiga unit tank product premium 42 T 301 A/B/C itu berdampak pada lima desa meliputi Desa Balongan, Desa Sukareja, Desa Rawadalem, Desa Sukaurip dan Desa Tegalurung.

"BPBD Kabupaten Indramayu telah mendirikan tenda Satgas Penanganan Kebakaran dan memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak," ungkapnya.

 

Adapun kondisi mutakhir yang dilaporkan hingga saat ini api masih dalam proses pemadaman dan warga diharapkan agar tidak panik serta selalu mengikuti arahan pihak-pihak yang berwajib untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


Berita Terkait :