Menkes Resmikan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI Depok

M. Isa | Kamis, 25/03/2021 21:37 WIB
Menkes Resmikan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI Depok Vaksin Covid (Doc: Klik Dokter)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meresmikan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Jawa Barat, Kamis 25 Maret 2021.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi apik antara pihak swasta pemerintah dalam upaya percepatan cakupan vaksinasi tahap II bagi Petugas Publik dan Lansia di kota depok.

 

Dalam sambutannya, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa saat ini pemerintah mengatur pace (kecepatan) target vaksinasi harian disesuikan dengan ketersediaan vaksin saat ini.

"Dalam enam bulan pertama, sekitar 25% stok vaksin yang tersedia. Selebihnya baru tersedia mulai bulan Juli," ungkapnya.

Menkes berpesan agar kolaborasi dan percepatan upaya vaksinasi terus dilakukan untuk bersama-sama mempersiapkan diri bekerja tiga kali lipat lebih cepat mulai bulan juli untuk mencapai target vaksinasi seluruh warga

“Per bulan Juli harus kerja 3 kali lipat lebih cepat. Ini pemanasan, latihan, bekerja sama dengan XL, alumni UI, RSUI. Teman teman di depok hanya punya waktu 6 bulan untu menyelesaikan 75 persen sisanya, itu disiapin dari sekarang” ujar Menkes.

Presmian Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Menkes Gunadi didampingi Walikota Depok Muhammad Idris, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dan Dirut RSUI Astuti Giantini.

Seraya menambahkan, Dian Siswarini mengatakan penyelenggaraan program tersebut merupakan wujud komitmen kami selaku pelaku bisnis untuk mendukung pemerintah dalam mendorong percepatan pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat Indonesia.

"Kami bekerja sama dan bergotong royong menyukseskan program ini, agar pandemi COVID-19 bisa lebih cepat teratasi," ungkapnya.

Begitu juga kata Prof. Ari Kuncoro, dan Direktur Utama RSUI mendukung program vaksinasi COVID-19 ini, karena dengan bersinergi dan berkolaborasi penta helix dapat mengakselerasi program vaksinasi nasional sehingga kekebalan kelompok bisa segera tercapai.