Pemda Soppeng Ingin Kembangkan Madrasah Unggulan, Ini Kata Kemenag

M. Isa | Rabu, 10/03/2021 18:07 WIB
Pemda Soppeng Ingin Kembangkan Madrasah Unggulan, Ini Kata Kemenag Sekjend Kemenag Nizar Ali (tengah) foto: kemenag

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kabupaten Soppeng berencana mengembangkan madrasah unggulan di wilayahnya. Rencana ini dikemukakan Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak saat bertemu Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) Nizar, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu 10 Maret 2021.

Sekjen Kemenag Nizar menyambut baik rencana Pemkab Soppeng tersebut. Namun, Nizar mengingatkan agar pembangunan madrasah harus melalui perencanaan yang matang.

“Kami siap membantu. Perlu direncanakan dengan detil bagaimana rencana pengelolaannya, SDM nya, dan lain-lain. Karena kita ingin madrasah yang ada nanti betul-betul unggul, bukan madrasah yang kualitasnya ecek-ecek,” tutur Nizar.

“Kami juga mengapresiasi perhatian Pemerintah Kabupaten Soppeng terhadap pengembangan pendidikan Islam di sana. Kita memang perlu membangun sinergi antara Kemenag dan pemerintah kabupaten terkait dengan pembangunan pendidikan Islam,” sambungnya.

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak mengungkapkan rencananya untuk memajukan pendidikan madrasah di daerahnya. Ia telah menyiapkan program unggulan berupa Madrasah Edukasi Alam, Madrasah Kebahasaan, Asrama Anak Pulau, dan madrasah bagi anak-anak yang memiliki kelebihan khusus.

“Kami merasa sangat bersyukur karena Bapak Kakanwil berkenan melibatkan kami dalam berbagai program strategis Kementerian Agama. Maka untuk ini (bidang pendidikan) kalau kami diberikan kesempatan, insyaAllah kami akan wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat di Soppeng,” kata Andi Kaswadi