Jokowi Tinjau Food Estate di NTT, Lumbung Pangan Baru Indonesia Timur

Ahmad Zubaidi | Selasa, 23/02/2021 14:35 WIB
Jokowi Tinjau Food Estate di NTT, Lumbung Pangan Baru Indonesia Timur Presiden Jokowi meninjau pembangunan food estate di Sumba Tengah (foto IG @kemenpupr)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo meninjau kawasan food estate yang terletak di Bukit Ngora Lenang, Lai Patedang, Desa Makata Keri, Kec Katiku Tana, Kab Sumba Tengah Prov NTT, Selasa, 23 Februari 2021.

Dalam kesempatan itu, Jokowi hadir didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Seskab Pramono Anung dan Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat.

Kementerian PUPR bersama dengan Kementan saat ini tengah mengembangkan program food estate di Provinsi NTT yang diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa dan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020 - 2024.

“Infrastruktur yang dibangun untuk mendukung food estate di Sumba ini terdiri dari sumur bor dan embung yang direncanakan dapat memenuhi kebutuhan irigasi lahan pertanian,” demikian redaksi kutip dari IG resmi Kementerian PUPR.

Sumur pemboran sebanyak 7 unit dengan kedalaman pengeboran sedalam 57 sd 70 meter dan jarak dari sumur bor ke saluran pembagi 1.5 km tersebut mempunyai kapasitas 50,59 liter/detik untuk lahan pertanian seluas 50,59 Ha.

“Sedangkan embung sebanyak 1 unit mempunyai kapasitas tampung 850.000 m3 untuk lahan pertanian seluas 200 Ha,” lanjutnya.

Setelah selesai meninjau food estate, Presiden Jokowi akan berangkat ke Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, NTT untuk menghadiri peresmian Bendungan Napun Gete.