Vaksinasi Dilakukan di Malam Hari Pada Bulan Ramadhan

Anata Lu’luul Jannah | Minggu, 21/02/2021 13:40 WIB
Vaksinasi Dilakukan di Malam Hari Pada Bulan Ramadhan Vaksin Covid (Doc: Klik Dokter)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo mengatakan jika program vaksinasi nasional COVID-19 akan tetap dilakukan apabila telah memasuki Bulan Ramadhan. Jokowi mengganti skema penyuntikan dari yang tadinya dilakukan pada siang hari menjadi pada malam hari di Bulan Ramadhan.

"Bulan puasa mungkin kita tetap akan vaksinasi yaitu di malam hari," ujar Presiden Joko Widodo secara virtual yang ditayangkan oleh akun YouTube Sekretariat Kepresidenan, Sabtu 20 Februari 2021.

Menurut dia, bagi wilayah yang mayoritas memeluk agama Islam akan diberlakukan kebijakan di atas. Tujuannya, mengejar target penyelesaian vaksinasi kepada 182 juta masyarakat dalam waktu satu tahun ini.

"Untuk mengejar kekebalan komunitas," tuturnya.

Terkait wilayah yang memiliki penduduk mayoritas non muslim kegiatan vaksinasi nasional akan tetap dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berdasarkan aturan, pelaksanaan vaksinasi di wilayah tersebut dilakukan pada siang hari.

"Daerah-daerah yang non muslim, kita lakukan tetap di bulan puasa," katanya.

Sebelumnya, Presiden meminta seluruh pemerintah daerah (Pemda) untuk mempersiapkan manajemen vaksinasi COVID-19 sejak dini. Hal ini agar distribusi vaksin ke masyarakat dapat dilakukan dengan lebih cepat.

"Persiapkan manajemen untuk percepatan vaksinasi yang telah dimulai sejak 13 Januari 2021 lalu," tandas Presiden.