Satgas Targetkan Indonesia Terbebas COVID-19 17 Agustus 2021

Rahmad Novandri | Senin, 15/02/2021 19:50 WIB
Satgas Targetkan Indonesia Terbebas COVID-19 17 Agustus 2021 Doni Munardo (Ketua Satgas Penanganan COVID-19/Kepala BNPB). (Foto: twitter @BNPB_Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 menargetkan Indonesia dapat mengendalikan pandemi virus corona pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang. Hal itu dapat terwujud diiringi kebijakan yang tepat dan kepatuhan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Target kita adalah pada 17 Agustus yang akan datang kita harus betul-betul terbebas dari covid. artinya covid betul-betul pada posisi yang dapat dikendalikan," kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo dalam rapat koordinasi yang digelar secara virtual di kanal Youtube Pusdalops BNPB, Senin, 15 Februari 2021.

Disampaikannya, pemerintah daerah juga harus melibatkan masyarakat dalam menangani COVID-19. Menurutnya, masyarakat bisa bersama-sama mencari cara terbaik dalam menangani pandemi.

Doni mengungkapkan, semua pihak harus menyadari bahwa salah satu kunci utama dalam penanggulangan wabah COVID-19 adalah kedisiplinan dan kepatuhan warga menjalani protokol kesehatan. Karena itu, Doni meminta masyarakat menaati semua ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah, termasuk soal kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) skala Mikro di Pulau Jawa yang berlangsung hingga 22 Februari 2021 mendatang.

"Lewat komando Presiden Jokowi kita lebih fokus pada pendekatan berbasis mikro, RT/RW," tuturnya.