Komisi VIII DPR Minta Mahasiswa PTKI Tetap Kritis Terhadap Kebijakan Pemerintah

M. Isa | Minggu, 27/12/2020 12:16 WIB
Komisi VIII DPR Minta Mahasiswa PTKI Tetap Kritis Terhadap Kebijakan Pemerintah Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily meminta agar aktivis mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) tetap kritis terhadap setiap kebiajakan, utamanya yang berkaitan langsung dengan kemaslahatan masyarakat.

Pesan ini dikatakan Ace Hasan Syadzily saat menjadi narasumber pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Nasional (DIKLATPIMNAS) untuk kalangan aktivis Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia lewat virtual, Jumat 25 Desember 2020 lalu.

“Reposisi gerakan mahasiswa menjadi kekuatan kritis sebagai elemen civil society di tengah kuatnya dominasi negara adalah kekuatan penyeimbang," tegas Ace Hasan.

Menurutnya, Pemerintah ini dibangun dengan koalisi yang kuat. Jadi harus tetap ada mekanisme chek and balances dan itu salah satunya diperankan oleh mahasiswa sebagai kekuatan civiel society.

Alumni UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta ini berharap mahasiswa memiliki pandangan yang konstruktif dan kritis dalam menyikapi berbagai isu. Antara lain, isu ekonomi dan politik dalam pusaran persaingan global demi kepentingan strategis nasional.

Mantan Aktivis ’98 ini membawakan materi “Politik Kebangsaan Pasca Reformasi Dan Repoisisi Gerakan Mahasiswa”, pada even kaderisas


Berita Terkait :