BNPB Imbau Masyarakat Selalu Waspada Bencana

Rahmad Novandri | Selasa, 15/12/2020 20:40 WIB
BNPB Imbau Masyarakat Selalu Waspada Bencana Doni Munardo (Ketua Satgas Penanganan COVID-19/Kepala BNPB). (Foto: twitter @BNPB_Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan bahwa bencana adalah kejadian yang berulang. Untuk itu, masyarakat yang tinggal di wilayah yang pernah terjadi bencana harus selalu waspada.

"Jangan bosan-bosan mengingatkan bangsa kita. Semua daerah yang pernah mengalami bencana, akan berulang," kata Doni dalam Seminar Nasional Sosialisasi dan Pembelajaran Pemulihan Pascabencana yang diikuti secara daring dari Jakarta, Selasa, 15 Desember 2020.

Dijelaskannya, hasil penelitian terhadap struktur tanah di lokasi, tsunami bukan yang pertama kali terjadi di Aceh. Penelitian menemukan bahwa tanah Aceh sudah berkali-kali mengalami tsunami.

Begitu pula dengan di Sulawesi Tengah. Beberapa literatur mencatat sejumlah bencana pernah terjadi di wilayah Palu dan sekitarnya. Bahkan, peneliti geologi ITB Prof John Ario Katili pernah mengatakan Palu tidak tepat untuk menjadi ibu kota provinsi karena potensi bencana yang bisa terjadi.

"Bencana selalu berulang. Hanya Allah, Tuhan yang maha kuasa yang tahu kapan akan bencana akan kembali terjadi," tuturnya.

Atas dasar itu, DOni mengucapkan terima kasih pada para peneliti yang telah menyampaikan hasil risetnya di bidang kebencanaan. Ia berharap hasil riset tersebut dikoordinasikan terlebih dahulu dengan kementerian/lembaga terkait sebelum dipublikasikan.


Berita Terkait :