Indonesia Tunjuk Konsul Kehormatan yang Berkedudukan di Durban, Afrika Selatan

M. Isa | Rabu, 07/10/2020 17:27 WIB
Indonesia Tunjuk Konsul Kehormatan yang Berkedudukan di Durban, Afrika Selatan Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan, Salman Al Farisi menjunjuk Konsul Kehormatan RI berkedudukan di Durban, Afrika Selatan (foto: kemlugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tekad Indonesia untuk memperkuat hubungan bilateral RI - Afrika Selatan semakin kokoh dengan diresmikannya pejunjukkan Ebrahim Patel sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) RI berkedudukan di Durban, Afrika Selatan, oleh Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan merangkap negara-negara lainnya, Salman Al Farisi beberapa waktu lalu.

Dalam keterangan persnya, Rabu 7 Oktober 2020, Dubes Salman menegaskan, kehadiran Konhor RI merupakan cerminan keseriusan Pemerintah RI dalam mengembangkan kerja sama bilateral dengan Afrika Selatan, khususnya Propinsi KwaZulu Natal, dan dapat berperan sebagai jembatan penghubung dengan berbagai pemangku kepentingan di Afrika Selatan yang diharapkan dapat memenuhi kepentingan kedua negara, khususnya di sektor ekonomi, perdagangan dan pariwisata.

“Durban merupakan salah satu kota pelabuhan utama di Afrika Selatan yang memiliki akses pasar yang luas, tidak hanya Afrika Selatan tapi juga negara-negara sekitarnya. Oleh karenanya, Indonesia melihat kota Durban sebagai lokasi strategis yang memiliki potensi kerja sama perekonomoian yang tinggi," tutup Dubes Salman.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan dua pertemuan terpisah dengan Premier Provinsi KwaZulu-Natal dan Member of the Executive Council, Nomusa Dube Ncube.

Dalam kesempatan tersebut kedua pihak membahas upaya-upaya peningkatan perekonomian pasca pandemi COVID-19 yang dapat dikerjasamakan serta berbagai aspek lainnya seperti sharing best practices peran UMKM dalam perekonomian nasional, serta pemanfaatan kemajuan teknologi.

 


Berita Terkait :