Tiga Pohon Kebebasan Untuk Indonesia, Belanda dan PBB

M. Isa | Jum'at, 25/09/2020 17:27 WIB
Tiga Pohon Kebebasan Untuk Indonesia, Belanda dan PBB Pohon kebebasan (foto: kemlugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Hamparan rumput hijau dan lebatnya pepohonan di area Raadhuis de Paauw, Wassenaar, Belanda diramaikan dengan alunan suara angklung yang dibawakan oleh pelajar Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) dan Herenwegschool (HWS).

Harmoni lagu We are the world yang dimainkan mengawali prosesi penanaman tiga pohon kebebasan dalam rangka peringatan 75 tahun kebebasan Indonesia, Belanda dan hari jadi PBB yang jatuh pada 23 September 2020.

Prosesi tersebut merupakan hasil kolaborasi KBRI Den Haag, Indonesia Nederland Society, Pemerintah Kota Wassenaar, The Borneo Initiative (TBI) dan Joty ter Kulve, putri dari pemilik rumah lokasi ditandatanganinya Perjanjian Linggarjati pada 15 November 1946.

Mantan Menteri Pertahanan Dr. Willem van Eekelen dan Mantan Menteri Luar Negeri Belanda, Dr. Bernard Bot terlihat hadir pula dalam peringatan tersebut.

“Penanaman pohon ini bagi Indonesia memiliki arti yang mendalam. Sebagai negara yang bangkit dari abu Perang Dunia Kedua, Indonesia dalam 75 tahun telah tumbuh menjadi negara dengan ekonomi yang dinamis dan berkontribusi aktif untuk dunia," ucap KUAI KBRI Den Haag, Fikry Cassidy.

Walikota Wassenaar, Leendert de Lange, menyambut baik inisiatif ini dan berharap kegiatan semacam ini tidak berhenti disini, tapi dapat ditularkan ke tempat-tempat lain.


Berita Terkait :