DPR Apresiasi Sikap Kemlu RI Kirim Nota Protes Pembakar Alquran di Swedia

Ahmad Zubaidi | Minggu, 06/09/2020 14:34 WIB
DPR Apresiasi Sikap Kemlu RI Kirim Nota Protes Pembakar Alquran di Swedia Azis Syamsuddin (Ketua Badan Anggaran DPR RI). (Foto: dprrigoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengapresiasi nota protes Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang mengecam keras aksi pembakaran Alquran di Swedia dan Denmark.

Demikian juga publikasi kembali kartun Nabi Muhammad oleh tabloid Charlie Hebdo di Prancis beberapa waktu yang lalu.

Menurut Azis, aksi tak terpuji itu tentu saja melukai Islam. Tak lain karena Alquran dan Nabi Muhammad adalah dua hal yang sangat sakral bagi umat Islam.

"Tindakan yang dilakukan oleh oknum masyarakat di Swedia dan Denmark, serta tabloid Charlie Hebdo di Prancis tidak bisa diartikan lain selain sebuah provokasi berbahaya yang bisa saja mengancam situasi keamanan dunia," kata Azis dalam keterangannya, Sabtu, 5 September 2020.

Azis menuturkan dunia saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak pada hampir semua sektor kehidupan umat manusia. Menurut Azis di tengah kondisi tersebut, dunia membutuhkan situasi yang kondusif dan kerja sama.

Bukan justru melakukan hal-hal yang menimbulkan provokasi, dan dapat melahirkan situasi tidak kondusif, bahkan konflik skala besar.

Karenanya dia mengimbau masyarakat khususnya di Tanah Air, tidak terpancing dengan tindakan provokatif yang dilakukan sejumlah oknum tidak bertanggungjawab di Swedia, Denmark dan Prancis.

"Pemerintah melalui Kemlu sudah melayangkan kecaman dan protes terhadap aksi tersebut. Kita percaya, pemerintah Swedia, Denmark dan Prancis dapat segera menjalankan proses hukum yang berlaku di negara tersebut terhadap para pelaku,” tegas Azis.