Presiden Minta Bansos Pemerintah Segera Dikirim ke Masyarakat

M. Isa | Rabu, 06/05/2020 17:21 WIB
Presiden Minta Bansos Pemerintah Segera Dikirim ke Masyarakat Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan sidang Kabinet Paripurna membahas RAPBN 2021 melalui virtual.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun dari dana desa, dan juga program padat karya tunai dalam minggu-minggu ini harus dipastikan sudah jalan di lapangan.

”Bansosnya biar diterima masyarakat, program padat karya juga sudah jalan di lapangan,” tutur Presiden Jokowi dilansir setkabgoid, Rabu 6 April 2020.

Permintaan Presiden tersebut didasari bahwa Covid-19 telah memukul perekonomian banyak negara, termasuk Indonesia dan memukulnya pada dua sisi sekaligus, yaitu sisi demand, sisi permintaan, dan sisi suplai (sisi penawaran), dan di sisi produksi.

Menurut Presiden, Indonesia di level 27,5 persen lebih rendah dibandingkan Korea Selatan 41,6 persen, Malaysia 31,3 persen, Vietnam 32,7 persen, Filipina 31,6 persen.

”Ini hati-hati mengenai indeks manufaktur Indonesia, agar juga dicarikan solusi dan jalan agar kontraksi ini bisa kita perbaiki,” kata Presiden.