Kim Jong Un Dikabarkan Sakit, Pejabat Korsel Himbau Untuk Berhati - Hati

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 27/04/2020 15:11 WIB
Kim Jong Un Dikabarkan Sakit, Pejabat Korsel Himbau Untuk Berhati - Hati Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (Foto: Harian Haluan)

SEOUL, RADARBANGSA.COM - Pejabat di Korea Selatan (Korsel) menyerukan kehati-hatian di tengah kabar mengenai pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang saat ini sedang sakit. Hal ini diungkapkan lantaran pihak Korsel mendeteksi Pemerintah Korea Utara bersikap seolah-seolah kondisi berjalan normal.

Dikutip dari Reuters, Menteri Unifikasi Korsel, Kim Yeon-chul mengatakan rumor dan spekulasi mengenai kesehatan Kim Jong Un mulai beredar setelah dia tidak tampil di depan umum pada hari libur penting nasional 15 April.

Sebelumnya pada pekan lalu, Media Korea Selatan melaporkan bahwa Kim mungkin telah menjalani operasi kardiovaskular atau sedang berada dalam isolasi untuk menghindari paparan virus corona.

Akan tetapi, Menteri Unifikasi Kim meragukan laporan operasi tersebut dengan alasan bahwa rumah sakit yang disebutkan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan jenis operasi seperti itu.

Lebih lanjut, Ketua komite asing dan unifikasi di Majelis Nasional Korea Selatan, Yoon Sang-hyun, mengatakan pada pertemuan para ahli di hari Senin bahwa ketidakhadiran Kim Jong Un dari mata publik menunjukkan bahwa "dia belum bekerja seperti biasa".

"Sejak tanggal 11 April, belum ada laporan yang menunjukkan bahwa dia membuat keputusan kebijakan seperti biasa. Hal ini yang membuat kita berasumsi bahwa dia sakit atau terisolasi karena masalah virus corona," kata Yoon dikutip dari Reuters, Senin 27 April 2020.

Sebelumnya, pihak Korea Utara mengatakan tidak memiliki kasus baru mengenai virus corona, tetapi beberapa pengamat internasional meragukan klaim tersebut.

Hingga pada hari Senin, media pemerintah Korea Utara sekali lagi menunjukkan tidak ada foto baru Kim atau melaporkan keberadaannya. Namun, terdapat sebuah laporan bahwa Kim mengirim pesan terima kasih kepada para pekerja yang membangun sebuah resor wisata di Wonsan. Daerah yang dikabarkan kemungkinan Kim akan tinggal.

Kendati demikian, penasihat kebijakan luar negeri utama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, mengatakan bahwa kondisi Kim tetap sehat.

“Kim Jong Un masih hidup dan sehat. Dia telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi,” pungkasnya.


Berita Terkait :