Satgas COVID PKB Padang Pariaman Semprot Fasilitas Umum dan Rumah Warga

Rahmad Novandri | Selasa, 07/04/2020 21:01 WIB
Satgas COVID PKB Padang Pariaman Semprot Fasilitas Umum dan Rumah Warga Anggota DPRD FPKB Kabupaten Padang Pariaman, Syafrinaldi memasangkan masker kepada Wakil bupati Padang Pariaman, Suhatribur di Padang Bintuangan, Padang Pariaman, Selasa (7/4). (Foto: istimewa)

PADANGPARIAMAN, RADARBANGSA.COM - Guna pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), gugus tugas pencegahan covid-19 Nagari Padang Bintuangan Kecamatan Nan Sabaris Padang Pariaman melakukan penyemprotan disinfektan ke Fasilitas umum dan rumah-rumah masyarakat. Penyemprotan ini diapresiasi oleh wakil bupati Padang Pariaman, Suhatribur dan anggota DPRD Padang Pariaman Fraksi PKB, Syafrinaldi yang datang langsung ke lokasi penyemprotan disinfektan ini.

"Kita apresiasi langkah yang dilakukan oleh satgas pencegahan covid-19 Padang Bintuangan, yang terdiri dari petugas kesehatan, pihak Nagari, TNI dan Polri, secara bersama perang terhadap wabah covid ini," kata Suhatribur di Padang Bintuangan, Selasa, 7 April 2020.

Wakil Bupati juga meminta kepada petugas yang melakukan penyemprotan rumah warga ini untuk melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat agar tetap berada dirumah, serta membudayakan pola hidup sehat. "Tidak keluar rumah, dan mengonsumsi makanan yang bergizi sehingga imun tubuh kita meningkat. Karena dengan imun yang baik maka virus ini tidak bisa berkembang ditubuh kita," kata Suhatribur.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat tidak panik dan cemas. Karena dengan terlalu cemas ini maka imun tubuh akan menurun. Untuk itu jangan terlalu cemas dengan wabah ini, dengan menjaga kesehatan dan tetap dirumah. "Jika memang ada merasa gejala cepat beritahukan pada Puskesmas terdekat," ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Padang Pariaman, Syafrinaldi mengatakan bahwa penyemprotan ini salah satu cara untuk pencehanan covid 19. Tak lupa ia meminta jika ada perantau yang pulang kampung agar melakukan isolasi mandiri sesuai dengan anjuran dari pemerintah. "Kita minta para perantau yang pulang kampung untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, kita bukannya melarang para perantau yang baru pulang untuk tidak bergaul dengan masyarakat. Namun kita hanya untuk menjaga agar wabah ini tidak berdampak di Padang Pariaman ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Syafrinaldi juga membagikan masker kepada masyarakat di lokasi penyemprotan itu. Karena saat masyarakat yang keluar rumah itu harus menggunakan masker, serta selalu mencuci tangan. "Jika memang harus keluar rumah kita anjurkan untuk menggunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wali Nagari Padang Bintuangan, Azri mengatakan penyemprotan dilakukan pada rumah-rumah masyarakat yang ada di nagari Padang Bintuangan ini, dilakukan oleh satgas covid dan juga masyarakat di Padang Bintuangan. "Kita juga mengimbau masyarakat yang beru pulang kampung untuk isolasi dan tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, sebagaimana imbauan dari pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman," tuturnya.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Camat Nan Sabaris serta Wali Nagari se kecamatan Nan Sabaris, Kapolsek Nan Sabaris beserta jajaran, TNI dan masyarakat umum.