DPR Imbau Rumah Sakit Swata Berpartisipasi Maksimal Bantu Pencegahan Covid-19

M. Isa | Kamis, 19/03/2020 19:01 WIB
DPR Imbau Rumah Sakit Swata Berpartisipasi Maksimal Bantu Pencegahan Covid-19 Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengimbau pengelola rumah sakit swasta untuk berpartisipasi secara maksimal membantu pencegahan dan penanggulangan virus Corona ( Covid -19).

"Khusus untuk pengelola rumah sakit swasta, saya mengimbau, sekarang ini saatnya membantu sesama dengan berpartisipasi optimal membantu pencegahan dan penanggulangan Corona," kata Puan Maharani dikutip laman dprgoid, Kamis 19 Maret 2020.

Politisi PDI Perjuangan itu juga membuka opsi untuk menggunakan gedung-gedung milik swasta yang sudah tidak terpakai untuk difungsikan sebagai rumah sakit sementara.

“Hal ini semata untuk meningkatkan fasilitas pelayanan bagi pasien kasus positif virus Corona. Tidak hanya itu, politisi Fraksi PDI Perjuangan ini juga meminta pemerintah fokus menyelamatkan dan menjaga kesehatan masyarakat atas merebaknya wabag Corona yang telah menjangkiti lebih dari 227 orang di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta untuk disiapkan rencana kontijensi kesiapan pelayanan rumah sakit baik rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan juga mobilisasi rumah sakit yang lain, baik milik BUMN, TNI-POLRI, rumah sakit swasta dan juga rumah sakit darurat apabila diperlukan.

“Dan jika diperlukan juga bisa memanfaatkan Wisma Atlet di Kemayoran. Ini kapasitasnya cukup besar, kalau enggak keliru 15.000 dan hotel BUMN yang juga bisa dipakai,” ungkap Presiden Jokowi.