Presiden Jokowi Minta Optimalisasi Tol Laut

M. Isa | Kamis, 05/03/2020 18:25 WIB
Presiden Jokowi Minta Optimalisasi Tol Laut Presiden Jokowi dan Wapres KH Maruf Amin serta menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan Ratas soal Pariwisata Indonesia (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin melakukan Rapat Terbatas (ratas) mengenai Akselerasi Program Tol Laut bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 5 Maret 2020.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa tujuan adanya tol laut adalah mengurangi disparitas harga, baik antar wilayah, antarpulau, antardaerah, serta memangkas biaya logistik yang mahal.

”Namun saya terima informasi dari lapangan bahwa biaya pengiriman logistik antar daerah masih mahal,” kata Presiden Jokowi dilansir setkabgoid.

Presiden Jokowi memberikan contoh seperti biaya pengiriman dari Jakarta ke Padang, dari Jakarta ke Medan, Jakarta ke Banjarmasin, Jakarta ke Makassar jauh lebih mahal dibandingkan biaya pengiriman dari Jakarta ke Singapura, Jakarta ke Hong Kong, Jakarta ke Bangkok, dan Jakarta ke Shanghai.

”Begitu pula biaya pengiriman dari Surabaya ke Makassar jauh lebih tinggi dibandingkan dari Surabaya ke Singapura. Inilah yang harus dibenahi bersama sehingga tujuan awal dari tol laut untuk menekan disparitas harga antar wilayah akan bisa kita capai,” ungkap Presiden.

Karena itu, tegas Presiden, ada 2 hal yang menjadi fokus bersama yakni mengontrol dan membuat tol laut semakin efisien. ”Biaya logistik antar daerah antar wilayah antarprovinsi harus bisa diturunkan.