Kemlu: Indonesia Komitmen Dukung Perdamaian Afghanistan

M. Isa | Rabu, 04/03/2020 21:25 WIB
Kemlu: Indonesia Komitmen Dukung Perdamaian Afghanistan Pertemuan bilateral Indonesia dan Afghanistan di Kabul (foto: kemlugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia tegaskan komitmen dalam mendukung proses perdamaian di Afghanistan yang bersifat Afghan-led and Afghan-owned.

Hal itu disampaikan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negri (Kemlu), Desra Percaya saat memimpin delegasi RI pada pertemuan kedua Konsultasi Bilateral RI-Afghanistan di Kabul 2 Maret 2020 lalu.

Dirjen Desra menyampaikan bahwa Indonesia bersama likeminded countries yaitu Norwegia, Jerman, Qatar, dan Uzbekistan sepakat menawarkan diri untuk menjadi co-facilitator dalam perundingan intra-Afghan, yang disambut baik oleh Pemerintah Afghanistan.
 
"Indonesia juga secara khusus menyampaikan kesiapan menjadi tuan rumah salah satu perundingan sepanjang disepakati pihak-pihak terkait," katanya.
 
Selain itu, lanjut Desra, kedua pihak membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian bersama, antara lain kerja sama politik, ekonomi perdagangan dan kebudayaan, serta dukungan peacebuilding melalui program peningkatan kapasitas.
 
Kedua pihak juga menyambut baik pembentukan Afghanistan-Indonesia Women`s Solidarity Network (AIWSN) dan rencana penyelenggaraan Konferensi Ulama Indonesia-Afghanistan pada tahun 2020.