Tegas! Legislator PKB Rano Alfath Tolak Wacana Legalisasi Ganja di Indonesia

M. Isa | Senin, 17/02/2020 20:14 WIB
Tegas! Legislator PKB Rano Alfath Tolak Wacana Legalisasi Ganja di Indonesia Anggota DPR RI FPKB/ Ketua KNPI Banten, Rano Alfath (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi III DPR RI, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Rano Alfath menolak secara tegas wacana melegalkan daun ganja di Indonesia.

"Saya menolak dengan tegas wacana ini. Kami dari Partai Kebangkitan Bangsa juga menolak wacana tersebut," tegas Rano Alfath dikutip laman pkbid, Senin 17 Februari 2020.

Legislator PKB asal Dapil Banten III itu mengungkapkan, jika melegalkan ganja hanya untuk kesehatan, terlalu terburu-buru untuk mengambil keputusan tersebut. Karena masih banyak jenis tumbuhan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit di Indonesia, "Banyak masyarakat yang menolak. Baik dari kalangan masyarakat biasa, tokoh masyarakat, para alim ulama serta tokoh agama," kata Rano.

Rano mengingatkan, kandungan yang terkandung dalam ganja banyak sekali zat aktifnya. Dan sampai sekarang masih dilakukan penelitian, kandungan zat yang sekiranya bisa menguntungkan untuk kesehatan, "Jangan terlalu cepat dalam mengambil keputusan. Wacana mengenai ganja yang akan dilegalkan di Indonesia, terlalu gegabah. Karena, sudah jelas di UU Narkotika menjadikan ganja sebagai salah satu zat narkotika yang dilarang," tuturnya.

"Saya rasa masih banyak hal yang memang menguntungkan bagi negara Indonesia. Tidak harus melegalkan ganja yang jelas merupakan narkoba, dan walaupun masih dalam kajian, saya akan menolak tegas," tegasnya.



Berita Terkait :