Komisi VII DPR: Sumatera Barat Bisa Jadi Contoh Kembangkan EBT

M. Isa | Kamis, 19/12/2019 15:41 WIB
Komisi VII DPR: Sumatera Barat Bisa Jadi Contoh Kembangkan EBT salah satu contoh energi baru terbarukan (foto: kennedyenergypark.com)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka reses masa persidangan I tahun 2019-2020 ke Padang, Sumatera Barat. Kunjungan ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno.

Dalam kesempatan itu, Eddy Soeparno menyatakan, Provinsi Sumatera Barat bisa dijadikan model contoh yang cukup baik bagi pengembangan EBT di seluruh Indonesia. 

“Masih banyak sekali potensi panas bumi yang belum tergali. Dari 1.650 megawatt yang berpotensi, baru hanya 80 megawatt yang telah dikembangkan,” kata Eddy dikutip laman dpr, Kamis 19 Desember 2019.

"Kami merasa senang karena potensi penggunaan energi baru terbarukan di Sumatera Barat cukup besar sekali dan kita berharap bisa segera mengembangkannya," kata Eddy.

Ia mengaku takjub dan kagum akan fakta dilapangan terkait besaran jumlah penggunaan energi baru terbarukan yang mencapai angka 50 persen. "50 persen sumber energi yang digunakan untuk elektrifikasi di Provinsi Sumatera Barat berasal dari energi baru terbarukan," ungkapnya.

Provinsi Sumatera Barat sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya dengan sumber sumber energi dan potensi pertambangan mineral. Provinsi ini terletak di sepanjang pesisir Barat Sumatera bagian tengah, dataran tinggi bukit barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantai, seperti Kepulauan Mentawai.

 

 

 


Berita Terkait :