Sambut Pembukaan Paviliun Indonesia di COP25 Madrid, PKB Gelar Diskusi Publik

Ahmad Zubaidi | Rabu, 04/12/2019 06:03 WIB
Sambut Pembukaan Paviliun Indonesia di COP25 Madrid, PKB Gelar Diskusi Publik Phamplet Diskusi Publik DPP PKB (foto Twitter)

MADRID, RADARBANGSA.COM - DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar diskusi publik bertajuk Implementasi Paris Agreement, Mendorong RUU Perubahan Iklim di kantor DPP PKB, Rabu 4 Desember 2019.

Diskusi ini digelar bertepatan dengan pembukaan Paviliun Indonesia di ajang UN Climate Change, COP25 atau Konferensi Perubahan Iklim di Kota Madrid, Spanyol.

Dari informasi yang beredar, PKB mengundang sejumlah narasumber dalam diskusi tersebut. Diantaranya Sekjen DPP PKB, M. Hasanuddin Wahid, Anggota DPR RI, Ratna Juwita Sari, Sekretaris APPII, Riko Wahyudi dan Billy Ariez selaku moderator.

Paviliun Indonesia menjadi tempat bagi forum-forum diskusi, termasuk penampilan tarian khas Indonesia. Paviliun ini hadir sebagai bagian dari soft diplomasi Indonesia. Dua misi Indonesia di ajang ini, hard dan soft diplomacy.

Hard diplomacy, dilakukan dengan cara perundingan-perundingan resmi oleh para negosiator. Sementara soft diplomacy, via paviliun Indonesia dalam rangka memperkuat posisi Indonesia di jalur perundingan resmi.

Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus Muhaimin sebagai salah satu negosiator Indonesia pada event ini tak menampik jika Paviliun Indonesia juga menjadi bagian diplomasi dengan pemimpin-pemimpin dunia.

"Nanti ada Paviliun Indonesia juga (di arena COP25). Di sana akan punya 43 talkshow session, nah disitulah akan kita manfaatkan untuk melobi gagasan Indonesia," kata Gus Muhaimin yang juga Ketua Umum DPP PKB ini.

Paviliun Indonesia memiliki luas 300 meter persegi dan menyajikan berbagai makanan asli Indonesia. Event organiser Paviliun Indonesia, Emilia Rosa Sitohang berujar, pihaknya sengaja menyajikan makanan khas Indonesia sebagai pemikat bagi ribuan peserta COP25.

"Wajik, Keripik Singkong, dan berbagai macam makanan Indonesia disajikan, diperkenalkan kepada para delegasi. Ada Spagetti Andaliman, nasi goreng Andaliman dari Sumatera Utara,” kata Rosa.