Presiden Jokowi Harap Belanda Dukung Hadapi Kebijakan Uni Eropa Soal Kelapa Sawit

M. Isa | Senin, 07/10/2019 19:32 WIB
Presiden Jokowi Harap Belanda Dukung Hadapi Kebijakan Uni Eropa Soal Kelapa Sawit Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Belanda, Mark Rutte di Istana Kepresidenan, Bogor (foto: setkabgoid)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap ada dukungan Pemerintahan Kerajaan Belanda dalam menghadapi kebijakan Uni Eropa terhadap kelapa sawit.

“Saya juga menghargai kerja sama yang baru saja ditandatangani oleh Indonesia dan Belanda di New York, tanggal 26 September 2019 yang lalu, mengenai pengembangan kapasitas petani sawit untuk menghasilkan kelapa sawit yang baik,” kata Presiden Jokowi dalam sambutan saat menerima kunjungan PM Belanda Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Senin 7 Oktober 2019.

Presiden Jokowi mengatakan, Belanda merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Eropa, baik di bidang perdagangan, investasi maupun pariwisata. Bahkan Belanda merupakan mitra perdagangan nomor 2 dalam pariwisata.

“Di antara negara-negara Eropa, Belanda merupakan mitra perdagangan nomor 2 terbesar dan mitra investasi nomor 1 dan mendatangkan wisatawan nomor 4 terbesar dari Eropa,” ungkap Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi, Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.