Kemnaker Launching Pelatihan Berbasis Kompetensi Kewirausahaan di Bandung Barat

Rahmad Novandri | Jum'at, 20/09/2019 19:10 WIB
Kemnaker Launching Pelatihan Berbasis Kompetensi Kewirausahaan di Bandung Barat kemnaker RI melaunching pelatihan berbasis kompetensi, kewirausahaan dan perluasan kesempatan kerja melalui SDC di ruang Ballroom kantor Bupati Kabupaten Bandung Barat, Kamis (19/9). (Dok Kemnaker RI)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menghadiri launching pelatihan berbasis kompetensi, Kewirausahaan dan Perluasan Kesempatan Kerja terintegrasi melalui Skill Development Centre (SDC), Kamis, 19 September 2019 di Ruang Ballroom Kantor Bupati Kabupaten Bandung Barat. Dalam sambutannya, Dirjen Binalattas yang diwakili oleh Chairul Fadhly Harahap menyampaikan bahwa program Terintegrasi pada Skill Development Center merupakan babak mulainya Sumber Daya Manusia berkualitas.

"Ini selaras dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa Pemerintah akan fokus membangun sumber daya manusia yang UNGGUL menuju Indonesia MAJU. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan proses transisi dari pembangunan infrastruktur menuju pembangunan Sumber Daya Manusia," terangnya.

Pemerintah, sambungnya, terus berupaya melakukan peningkatan investasi sumber daya manusia (SDM) melalui percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja, peningkatan produktivitas dan kewirausahaan, serta percepatan sertifikasi kompetensi. Percepatan peningkatan kompetensi SDM dan penguatan daya saing tenaga kerja ini bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Hal ini menstimulasi tidak hanya Kementerian dan Lembaga terkait untuk berpikir lebih visioner dari sebelumnya, tetapi juga mendorong sektor swasta untuk lebih terlibat aktif dalam mempersiapkan supply tenaga kerja secara massif, berkualitas dan produktif," tambahnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara. Dia mengatakan, pihaknya sangat bangga karena Kabupaten Bandung Barat menjadi lokasi SDC pertama di Indonesia dan terintegrasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI, khususnya Balai Besar Peningkatan Produktivitas untuk menjadikan masyarakat penganggur di Kabupaten Bandung Barat menjadi Wirausaha produktif, kreatif, tangguh dan berdaya saing.

"Kami sangat bangga karena Kabupaten Bandung Barat menjadi lokasi SDC pertama di Indonesia," tuturnya.

Diketahui, acara launching ini turut dihadiri oleh Ketua Apindo, Ketua Forum SMK, Ketua Forum Pondok Pesantren Wilayah Bandung Barat, Bank Indonesia dan unsur calon pembeli produk (Buyer). 


Berita Terkait :