Jaga Kondusifitas Pemilu 2019, Gus Yaqut Instruksikan Banser Bantu Polri dan TNI Amankan TPS

Ainur Rasyid | Selasa, 26/03/2019 14:53 WIB
Jaga Kondusifitas Pemilu 2019, Gus Yaqut Instruksikan Banser Bantu Polri dan TNI Amankan TPS Apel kebangsaan 2500 Banser PC GP Ansor Kab.Temanggung dalam rangka Harlah NU ke-93 dan pemilu damai 2019 (doc. @official_Ansor)

BOJONEGORO, RADARBANGSA.COM- Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) mendeklarasikan gerakan "Rabu Putih" di Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu, 24 Maret 2019.

Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) mengatakan bahwa gerakan Rabu Putih merupakan ajakan kepada seluruh masyarakat agar tidak takut untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak 17 April mendatang.

Dalam penjelasan Gus Yaqut, gerakan Rabu Putih juga bertujuan untuk memutihkan tempat pengumutan suara (TPS) di seluruh Indonesia.

"Gerakan Rabu Putih ini bertujuan untuk memutihkan seluruh TPS. Ya, pokoknya putihkan TPS dan coblos itu yang putih-putih. Masak nggak paham yang putih-putih, nanti lihat sendiri ketika mau nyoblos," kata Gus Yaqut saat ditanya apa tujuan gerakan Rabu Putih.

Di hadapan Banser, Gus Yaqut juga mengajak kepada seluruh masyarakt untuk memerangi hoax, fitnah dan ujaran kebencian.

"Maraknya, hoax, fitnah dan ujaran kebencian sudah mewarnai kontestasi politik dalam bebera bulan terakhir, khususnya di media sosial, serta isu akan terjadi kerusuhan dan intimidasi dari kelompok tertentu," ungkap Gus Yaqut.

Tidak hanya itu, mengantisipasi intimidasi dari kelompok tertentu Gus Yaqut juga menginstruksikan kepada seluruh kader GP Ansor dan Banser membantu TNI dan Polri menjaga situasi hari pemungutan suara dan penghitungan sura di TPS.

"Masyarakat jangan takut untuk menggunakan hak pilihnya pada Rabu 17 April mendatang. Kepada semua kader GP Ansor dan Banser agar membantu TNI dan Polri, guna mengamankan situasi hari pemungutan suara dan penghitungan suara," Kata Yaqut

"Kita instruksikan kader Ansor dan Banser seluruh Indonesia untuk membantu TNI dan Polri mengamankan pelaksanaan pemilu 17 April mendatang, termasuk di tiap-tiap TPS," Tegasnya.

GP Ansor mendorong sekaligus percaya Polri dibantu TNI akan bertindak profesional dalam menjamin stabilitas politik dan keamanan Pemilu 2019.

"Kita percayakan pada Polri dan TNI akan menjamin pengamanan saat pemilu berlangsung, jadi jangan ada rasa ketakutan saat memilih," Pungkasnya.

Dalam apel tersebut, hadir juga Ketua PW Ansor Jatim Abid Umar Faruq, Kasatkorwil Banser Jatim Yunanto Wahyudi, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Ketua PC GP Ansor Bojonegoro, serta Ketua PCNU Bojonegoro.


Berita Terkait :