GP Ansor Deklarasi `Rabu Putih` di Semua TPS pada Pilpres 2019

Ainur Rasyid | Senin, 25/03/2019 15:50 WIB
GP Ansor Deklarasi `Rabu Putih` di Semua TPS pada Pilpres 2019 Apel Kebangsaan Ansor-Banser NU di Alun-alun Bojonegoro. (doc. istimewa)

BOJONEGORO, RADARBANGSA.COM- Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) mendeklarasikan gerakan "Rabu Putih" di Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu, 24 Maret 2019.

Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) mengatakan bahwa gerakan Rabu Putih merupakan ajakan kepada seluruh masyarakat agar tidak takut untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak 17 April mendatang.

Dalam penjelasan Gus Yaqut, gerakan Rabu Putih juga bertujuan untuk memutihkan tempat pengumutan suara (TPS) di seluruh Indonesia.

"Gerakan Rabu Putih ini bertujuan untuk memutihkan seluruh TPS. Ya, pokoknya putihkan TPS dan coblos itu yang putih-putih. Masak nggak paham yang putih-putih, nanti lihat sendiri ketika mau nyoblos," kata Gus Yaqut saat ditanya apa tujuan gerakan Rabu Putih.

Di hadapan Banser, Gus Yaqut juga mengajak kepada seluruh masyarakt untuk memerangi hoax, fitnah dan ujaran kebencian.

"Maraknya, hoax, fitnah dan ujaran kebencian sudah mewarnai kontestasi politik dalam bebera bulan terakhir, khususnya di media sosial, serta isu akan terjadi kerusuhan dan intimidasi dari kelompok tertentu," ungkap Gus Yaqut.

Sekretaris Jenderal PP GP Ansor Abdul Rochman menambahkan, dalam waktu dekat ini organisasinya akan mengadakan Rapat Koordinasi Nasional GP Ansor se Indonesia di Jakarta.

"Rakornas akan membahas situasi politik terkini, terutama menyangkut pemilu serentak. Selain itu GP Ansor juga akan mendeklarasikan gerakan Rabu Putih, yaitu sebuah gerakan masyarakat yang bertujuan memaksimalkan tingkat partisipasi pemilih Indonesia datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya/mencoblos pada Pemilu 17 April 2019 secara bebas dan nyaman, tanpa rasa takut atau merasa terintimidasi oleh kelompok mana pun," kata Adung, sapaannya.

Dalam acara itu, hadir Kasatkornas Banser Alfa Isnaeni, Ketua PW Ansor Jatim Abid Umar Faruq, Kasatkorwil Banser Jatim Yunanto Wahyudi, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Ketua PC GP Ansor Bojonegoro, Ketua PCNU Bojonegoro, dan ribuan anggota GP Ansor se-Jatim.


Berita Terkait :