Pesan Menteri Eko untuk Pendamping Desa

M. Isa | Kamis, 15/02/2018 19:36 WIB
Pesan Menteri Eko untuk Pendamping Desa Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo

MAKASSAR, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo meminta kepada 39.000 pendamping desa agar aktif mengawal dan mensosialisasikan program padat karya tunai pada masyarakat desa.

“Saya ingatkan lagi kepada para pendamping desa untuk aktif berkomunikasi dengan para kepala desa untuk menyukseskan program padat karya tunai,” ujar Menteri Eko di Makassar, 15 Februari 2018.

Menurut Menteri Eko, tugas pendamping desa adalah mendampingi kepala desa yang belum tahu. Selain itu, juga untuk mensosialisasikan dan memastikan program-progran utama agar berjalan.

"Saat ini masih banyak yang belum bikin embung dan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa),” tambahnya.

Eko menjelaskan bahwa program padat karya tunai merupakan program pemerintah yang berfokus kepada pembangunan desa yang melibatkan langsung mayarakat setempat sehingga laju perekonomian berjalan di perdesaan.

"Kalau dengan kontraktor, uangnya akan diterima kontraktor, mungkin pekerjanya dari orang-orang mereka, maka perputaran uang di desa tidak akan terjadi. Olah karena itu, dana desa wajib dengan swakelola," jelasnya.


Berita Terkait :