Fatayat NU Berbagi Takjil Setiap Sabtu dan Minggu Selama Ramadan

Sodiqul Anwar | Sabtu, 01/04/2023 20:43 WIB
Fatayat NU Berbagi Takjil Setiap Sabtu dan Minggu Selama Ramadan Pengurus Pusat Fatayat NU membagikan takjil gratis kepada masyarakat yang melintas di Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Momentum Ramadan bagi pengurus Pimpinan Pusat (PP) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) tentu tidak hanya melulu berkutat pada agenda pengajian dan penguatan spiritual saja, melainkan juga menjadi sarana meningkatan kepedulian dan kepekaan sosial para pengurusnya. Dalam Ramadan tahun ini pengurus PP Fatayat NU melalui bidang sosialnya, turun langsung ke jalan dalam kegiatan Berbagi Takjil Gratis di sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu dan Minggu selama Ramadan 1444 Hijriah yang diawali pada hari Sabtu (1/4//2023). 

Kegiatan berbagi takjil edisi perdana ini, diselenggarakan di jalan Kramat daerah Jakarta Pusat. Dalam kegiatan tersebut, sejumlah pengurus PP Fatayat NU turun langsung ke jalan membagikan takjil kepada 
masyarakat yang melintas di kawasan Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat.

"Kegiatan berbagi takjil edisi perdana ini sengaja memilih lokasi Jalan Kramat Raya karena merupakan kawasan ramai dan juga dekat dg kantor PP Fatayat NU," ujar Ketua Umum PP Fatayat NU, Margaret Aliyatul Maimunah.

Perempuan yang akrab disapa Margaret itu menyatakan, berbagi takjil adalah kegiatan rutin yang selama ini terus dilakukan oleh pengurus PP Fatayat NU. Menurutnya berbagi takjil adalah bagian dari tradisi yang patut dilestarikan dan merupaka sarana meningkatkan kepekaan sosial para Sahabat Fatayat NU. 

"Kegiatan berbagi takjil kepada masyarakat harus terus dilakukan oleh PP Fatayat NU sebagai bagian dari melestarikan tradisi yang baik, juga wujud membentuk karakter bagi kader Fatayat agar memiliki sikap saling tolong-menolong kepada sesama," tuturnya.

Margaret yang juga Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menambahkan bahwa lokasi pembagian takjil Fatayat NU tidak dilakukan di satu tempat saja. Kegiatan ini akan dilakukan di sejumlah lokasi lain di wilayah DKI Jakarta.

"Kalau tadi sahabat-sahabat pengurus PP Fatayat NU membagikan takjil di sekitar Jl Kramat Raya, besok insyaallah akan kami gelar di sekitar Penjaringan, Jakarta Utara. Kemudian untuk minggu depan akan kami gelar kembali di lokasi lain di wilayah Jakarta Timur dan lainnya," urai Margaret.

Sebagai Ketua Umum PP Fatayat NU, Margaret pun menaruh harapan besar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan oleh segenap pengurus Fatayat NU di seluruh Indonesia.

"Ya tentu saya berharap kegiatan mulia seperti ini bisa juga dilaksanakan oleh pengurus Fatayat di daerah. Berbagi kebaikan itu sangat dianjurkan, terutama saat Ramadan. Semoga keberkahan dapat kita raih bersama," tukas Margaret.

Sementara itu, Ketua Bidang Sosial, Seni dan Budaya PP Fatayat NU, Eptati Kamaruddin bersyukur proses pembagian takjil di Jl Kramat Raya sore tadi berjalan lancar dan mendapat respon positif dari masyarakat.

"Tadi kami mulai berbagi takjil pukul 17.00 WIB dengan menyediakan 100 paket. Alhamdulillah dalam hitungan menit sudah habis. Masyarakat begitu antusias, dan ini tentu menambah semangat kami untuk lebih banyak lagi berbagi," kata Eptati.


Berita Terkait :