Anjuran Membaca Alquran di Waktu-waktu Ini

Neli Elislah | Selasa, 23/02/2021 13:26 WIB
Anjuran Membaca Alquran di Waktu-waktu Ini Alquran (sumber: nu.or.id)

RADARBANGSA.COM - Waktu baik yang menjadi pilihan untuk membaca Alquran menurut Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar terbagi menjadi dua. Pertama, waktu membaca Alquran di dalam salat. Kedua, waktu membaca Alquran di luar salat.

‎فصل في الأوقات المختارة للقراءة : إعلم أن أفضل القراءة ما كان في الصلاة ، ومذهب الشافعي وآخرين رحمهم الله : أن تطويل القيام في الصلاة بالقراءة أفضل من تطويل السجود وغيره

Artinya, "Pasal mengenai waktu-waktu pilihan untuk membaca Alquran. Ketahuilah waktu paling utama dalam membaca Alquran adalah pada saat melakukan salat. Mazhab As-Syafi’i dan lainnya berpendapat, ‘Memperpanjang durasi diri dengan membaca Alquran pada saat salat lebih utama daripada melamakan durasi sujud dan rukun salat lainnya,`" (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Kairo, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 106).

Terdapat pula beberapa waktu pilihan yang baik dipergunakan untuk membaca Alquran di luar aktivitas salat. Imam An-Nawawi membagi kembali dua waktu membaca Alquran di luar salat, yaitu siang dan malam hari. Membaca Alquran pada malam hari lebih utama daripada siang hari.

1. Pada waktu malam.

2. Paruh kedua malam (paruh kedua malam lebih utama daripada paruh pertama malam).

3. Paruh pertama malam.

4. Pada waktu antara magrib dan isya.

5. Pada setelah subuh (Ini waktu paling utama untuk membaca pada siang hari).

6. Pada waktu selain subuh tanpa ada kemakruhan dan larangan lainnya.

Sebenarnya, membaca Alquran adalah termasuk ibadah yang baik dilakukan pada hari dan bulan apa saja. Namun, terdapat hari dan bulan tertentu yang mendapatkan keistimewaan jika intensitas membaca Alquran lebih tinggi.

Hari dan Bulan Pilihan Membaca Alquran:

1. Jumat.

2. Senin.

3. Kamis.

4. Hari Arafah (9 Zulhijah).

5. 10 hari pertama bulan Zulhijah

6. 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Demikian sejumlah waktu, hari, dan bulan baik untuk membaca Alquran lebih banyak yang disebutkan oleh Imam An-Nawawi pada karyanya Al-Adzkar. (Lihat Imam An-Nawawi, 2003 M/1424 H: 106).

TAG : Alquran , Waktu