Tak Hanya Bumbu Masak, Berikut Manfaat Garam untuk Tubuh

Rahmad Novandri | Sabtu, 11/07/2020 21:10 WIB
Tak Hanya Bumbu Masak, Berikut Manfaat Garam untuk Tubuh Garam dapur. (Foto: hellosehatcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Garam merupakan bumbu dapur yang wajib ada di dapur untuk memasak makanan. Sebab, tanpa garam makanan jadi terasa hambar.

Namun, Garam ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja sih manfaat garam untuk tubuh?

1. Meringankan masalah pernapasan

Garam ternyata mampu menyerap ion berbahaya pada udara yang Anda hirup. Selain itu garam membantu melawan ion berbahaya tersebut agar tidak terserap ke dalam tubuh. Maka itu, tidak jarang garam bisa meringankan sakit asma, bronkitis, dan sistem pernapasan lainnya yang bermasalah.

2. Membuat rileks tubuh

Garam yang digunakan memang agak sedikit berbeda, yaitu garam kristal. Anda bisa menuangkannya di bak mandi dan merendam seluruh tubuh Anda dengan campuran garam tersebut. Efek garam akan membuat lemas otot dan bagian tubuh yang tegang atau kaku. Sangat enak untuk campuran air mandi ya!

3. Mencegah hiponatremia

Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuhnya. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air.

4. Membersihkan mulut

Manfaat garam untuk kesehatan ini bsia membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut Anda. Gusi yang luka, atau ngilu pada gigi bisa diredakan sakitnya dengan hanya berkumur-kumur dengan larutan garam. Makanya kumur-kumur dengan garam cocok dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ya.


Berita Terkait :