BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan Demi Jaga Rupiah

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 20/03/2024 15:45 WIB
BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan Demi Jaga Rupiah Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan tingkat Suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 6 persen pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang digelar pada 19-20 Maret 2024. 

Dewan Gubernur BI juga menetapkan tingkat suku bunga deposit facility bertahan di level 5,25 persen. Kemudian tingkat suku bunga lending facility juga stabil di level 6,75 persen.

"Keputusan mempertahankan BI rate ini tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro stability yaitu untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah serta langkah preemptive dan forward looking untuk memastikan agar inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5 plus minus 1 persen di tahun 2024,"  ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu 20 Maret 2024.

Sementara itu kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kemudian kebijakan makroprudensial tetap longgar akan terus dilanjutkan untuk mendukung peningkatan kredit oleh perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

"Kebijakan sistem pembayaran diarahkan untuk tetap memperkuat keandalan infrastruktur dan struktur industri sistem pembayaran serta memperluas akseptasi digitalisasi sistem pembayaran," sambungnya.

BI menegaskan akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

TAG : BI , Suku Bunga