BPJS Kesehatan Ungkap Ada Kecurangan Hingga Ratusan Miliar di Berbagai Rumah Sakit

Rahmad Novandri | Kamis, 07/12/2023 21:45 WIB
BPJS Kesehatan Ungkap Ada Kecurangan Hingga Ratusan Miliar di Berbagai Rumah Sakit Kantor BPJS Kesehatan. (Foto: bantuanbpjscom)

RADARBANGSA.COM - BPJS Kesehatan mengungkap adanya temuan kecurangan yang dilakukan sejumlah rumah sakit di Indonesia, dengan dugaan kecurangan mencapai ratusan miliar rupiah berupa phantom billing atau klaim atas layanan yang tidak pernah diberikan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, menurutnya atas kejadian tersebut diperlukan adanya peningkatan berupa sistem pengawasan pada sejumlah rumah sakit. Meskipun, sejauh ini pihaknya juga telah melakukan pengecekan.

"Di klinik dan rumah sakit, BPJS tahu. Mana yang nakal, sering excessive utilization yang tidak diperlukan. Itu kita tahu, sehingga kita kan tidak semata-mata mencari salah tapi membangun sistem. Semakin lama, sistem harus semakin bagus," kata Ali saat ditemui dalam acara Penganugerahan Penghargaan Anti Kecurangan dan Pengendalian Gratifikasi Program JKN, di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis, 7 Desember 2023.

Kasus seperti ini ternyata sudah sering dilakukan dan banyak terjadi, sehingga membuat angka kejadiannya juga semakin tinggi. Untuk itu, Ali menegaskan langkah pencegahan perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan seperti ini. 

Lebih lanjut, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menambahkan Kemenkes akan menindak lanjut jika menemukan sejumlah rumah sakit yang melakukan kecurangan.

"Kemenkes mempunyai wewenang agar bisa membina dan menghukum rumah sakit-rumah sakit tersebut," ujarnya.


Berita Terkait :