Konsumsi Batubara Sentuh Rekor Tahun Ini

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 19/12/2022 13:17 WIB
Konsumsi Batubara Sentuh Rekor Tahun Ini Ancaman Corona Tak Pengaruhi Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM - Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan konsumsi batu bara global akan melesat ke level tertinggi sepanjang masa pada 2022, dan tetap di level yang sama dalam beberapa tahun ke depan jika upaya yang lebih kuat tidak dilakukan untuk beralih ke ekonomi rendah karbon.

Harga gas yang tinggi setelah invasi Rusia ke Ukraina dan gangguan pasokan pada tahun ini, menurut IEA, menyebabkan beberapa negara beralih ke batu bara yang relatif lebih murah, demikian laporan Reuters, di London, Jumat 16 Desember 2022.

Gelombang panas dan kekeringan di sejumlah kawasan juga meningkatkan permintaan listrik dan mengurangi tenaga air, sementara pembangkit nuklir juga sangat lemah, terutama di Eropa, di mana Prancis harus menutup reaktor nuklir untuk proses maintenance.

Laporan tahunan IEA tentang batu bara memperkirakan penggunaan batu bara global akan meningkat 1,2% tahun ini, melebihi 8 miliar ton dalam satu tahun untuk pertama kalinya dan rekor sebelumnya yang dicapai pada 2013.

IEA juga memperkirakan konsumsi batu bara akan tetap mendatar pada level tersebut hingga 2025 karena penurunan di pasar yang sudah matang diimbangi permintaan yang terus meningkat di negara-negara emerging Asia.

Ini berarti batu bara akan terus menjadi sumber emisi karbon dioksida terbesar dalam sistem energi global sejauh ini.

Adapun lonjakan permintaan batu bara terbesar diperkirakan terjadi di India, yakni sekitar 7%, diikuti Uni Eropa 6% dan China 0,4%.

TAG : Batubara , HBA , Fosil

Berita Terkait :