Pembayaran QRIS Kini Bisa Digunakan di Thailand

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 29/08/2022 12:02 WIB
Pembayaran QRIS Kini Bisa Digunakan di Thailand Ilustrasi. Pembayaran menggunakan QRIS (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah resmi memperluas jangkauan pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di negara Thailand. Hal ini guna mendukung perdagangan UMKM yang lebih mudah.

"Hari ini, mulai implementasi penuh dengan Thailand. QR Indonesia dan QR Thailand sudah kita uji cobakan dan mulai hari ini implementasi penuh," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Jakarta, Senin 29 Agustus 2022.

QRIS Antarnegara ini akan mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi di Thailand karena tidak perlu menukarkan uang melainkan hanya dengan scan barcode QRIS.

Perry mengatakan lima gubernur bank sentral dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina telah berkumpul pada Mei 2022 untuk berkomitmen menyambungkan antara sistem pembayaran QR, fast payment dan local curency.

Ia menjelaskan dengan Thailand sudah bisa diimplementasikan secara penuh sedangkan dengan Malaysia sudah dilakukan uji coba sejak Januari dan dengan Singapura saat ini sedang difinalisasi untuk tanda tangan.

Ia memastikan lima negara ini bisa melakukan digitalisasi sistem pembayaran, cross-border, QR dan fast payment dengan pembayaran mata uang lokal dalam waktu dekat.

"Ini sekaligus mendukung pariwisata, mendukung UMKM, dan juga mendukung ekonomi keuangan digital secara nasional," ujar Perry.

TAG : QRIS , Thailand

Berita Terkait :