Blokade Rusia di Laut Hitam Persulit Stok Pangan Ukraina

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 25/05/2022 15:55 WIB
Blokade Rusia di Laut Hitam Persulit Stok Pangan Ukraina Armada Laut Rusia di Lau Hitam (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Aksi Blokade Rusia dan sanksi yang diterapkan oleh dunia terhadap Rusia nampaknya memberikan efek yang lebih parah ke Ukraina dibanding ke Rusia itu sendiri.

Politisi Partai Nasional Demokrat, Muhammad Farhan mengatakan sistem transportasi untuk mengirimkan suplai pangan di Ukraina mati total, seperti Pelabuhan Odessa. Ini membuat pasokan pangan global terganggu.

“Yang paling menderita dari dampak blokade ekonomi dan sanksi dunia ke Rusia itu adalah Ukraina,” kata dia dalam Forum Diskusi Rusia – Ukraina, Rabu 25 Mei 2022.

Sebelumnya Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan jika Rusia memliki ketahanan sendiri jika sanksi terus diterapkan kepada negaranya, namun nasib yang jauh berbeda terjadi di Ukraina.

“Yang dikhawatirkan seperti Pelabuhan Odessa, Pelabuhan tempat mengekspor biji – bijian. sSkarang suda 3 bulan tidak bisa kemana mana, barangnya masih bagus belum rusak tetapi gak bisa dikonsumsi dan dimonetisasi,” jelas dia.

Lebih lanjut, cadangan energi yang dimiliki Ukraina nantinya juga akan dimanfaatkan untuk kepentingan Rusia, jika nantinya titik sumber daya di Ukraina sudah berhasil dicaplok.

Saat ini Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tengah meminta bantuan kepada forum World Economic Forum (WEF) untuk membantu negaranya keluar dari jeratan blockade Rusia.

 

 


Berita Terkait :