Bursa Eropa Berguguran Merespon Pernyataan Putin

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 22/02/2022 16:17 WIB
Bursa Eropa Berguguran Merespon Pernyataan Putin IHSG (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Bursa Eropa bersiap menutup kerugian tajam pada perdagangan hari ini, khususnya setelah pernyataan Putin yang mengakui kemerdekaan dua kota di Ukraina Timur.

Pukul 16.59 EST, indeks yang didominasi oleh Prancis dan Jerman, Euro Stoxx 50 berjangka turun 0.90%  ke posisi 3.949. Bursa London, FTSE 100 berjangka turun 0,31% ke posisi 7464. Indeks CAC Prancis turun 0.84% ke posisi 6.731 dan masih banyak lagi.

Pernyataan Presiden Vladimir Putin yang kontroversial telah memicu respon negatif khususnya dari Barat. Inggris, Prancis, Belanda dan Amerika Serikat bersama – sama mengecam pernyataan Putin terkait kemerdekaan Donetsk dan Lugansk dari Wilayah Ukraina Timur.

Menteri luar negeri Inggris Liz Truss mengatakan dalam sebuah postingan twitter bahwa pada hari Selasa pemerintah akan mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia sebagai tanggapan atas keputusan Putin.

Senada dengan hal itu, Juru bicara Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan Jerman, Prancis dan Amerika Serikat telah setuju untuk segera menanggapi keputusan Rusia dengan sanksi dagang.

Akibatnya, kini pasar keuangan Eropa jatuh dan mungkin tenggelam untuk beberapa waktu yang cukup lama.

 


Berita Terkait :