Luhut Targetkan 1000 hektar Food Estate Sumatera Utara Rampung Akhir Tahun

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 30/08/2021 06:09 WIB
Luhut Targetkan 1000 hektar Food Estate Sumatera Utara Rampung Akhir Tahun Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinjau food estate baru di Sumatera Utara, Selasa (27/10). (Foto: twitter @KemensetnegRI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah menargetkan selesainya Food Estate seluas 1000 hektar di Sumatera Utara pada akhir tahun ini.

“Target kita 1000 hektar ini jangan sampai meleset dan saya kira perkembangan sudah berjalan dan bagus. Mengenai perkembangan lahan pertanian kalau bisa PUPR lahannya segera dituntaskan sehingga 1000 hektar bisa selesai akhir tahun,” ungkap Menterk Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan dikutip Senin 30 Agustus 2021.

Dia mengatakan saat ini telah dilakukan kerjasama dengan enam off taker (Parnaraya, Indofood, Eden Farm, Bisi, Wings, Ewindo) untuk pelaksanaan demontration plot.

 

Secara mendetail, Luhut berharap Kementerian Pertanian melakukan layout penanaman dan pemetaan kesesuaian lahan FE Tahap II.

Kemudian, Kementerian ATR/BPN untuk melakukan percepatan penyelesaian KKPR (Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang) dan Proses Sertifikasi bersama dengan Pemkab Humbahas dan Kementerian LHK untuk asistensi penyusunan dokumen Lingkungan, penyiapan FE Tahap II, dan proses ijin kerjasama penggunaan Kawasan hutan untuk jalan.

“Selanjutnya, Pemkab Humbahas melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait skema kerjasama dan land clearing di lahan 785 ha serta fasilitasi Timdu dan dokumen lingkungan untuk pembangunan jalan penghubung FE 215. Selain itu, perlu dilakukan percepatan penyusunan Perpres Food Estate,” tambah Menko Luhut.

Ia menekankan progres cepat dalam pembangunan Food Estate ini. Selain itu, diharapkan kerjasama dari berbagai Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah agar bersinergi dalam program ini.

“Kita harus jemput bola, jangan tunggu-menunggu biar ini semua cepat selesai. Saya harap semuanya bisa dilaksanakan secepatnya, saya harap Oktober groundbreaking jalan dan saya titip kita kerja cepat dan rapi. Intinya struktur itu penting dan nanti saya mau ke sana untuk lihat progresnya setidaknya dekat 1000 hektar kita selesaikan,” tutup Menko Luhut.


Berita Terkait :