Jokowi: Investasi di Semester I 2021 Serap 620 Ribu Tenaga Kerja

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 16/08/2021 12:19 WIB
Jokowi: Investasi di Semester I 2021 Serap 620 Ribu Tenaga Kerja Ilustrasi. Investasi SWF (Doc: EWN)

RADARBANGSA.COM - Realisasi Investasi selama periode Juni mencapai Rp442,8 Triliun. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa investasi ini menyerap lebih dari 620 ribu tenaga kerja Indonesia. 

"Penambahan investasi di bulan-bulan ke depan ini kita harapkan bisa memenuhi target Rp900 triliun, serta menciptakan lapangan kerja baru dan menggerakkan perekonomian secara lebih signifikan," kata Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan Sidang Tahunan MPR, Jakarta, Senin 16 Juni 2021.

Ia mengatakan, perkembangan investasi harus menjadi bagian terintegrasi dengan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan, dengan agenda utama meningkatkan kelas pengusaha UMKM.  

Ekosistem investasi dan kolaborasi di dunia usaha ini juga dimaksudkan untuk memperkuat perkembangan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi, khususnya ke arah Ekonomi Hijau dan Ekonomi Biru yang berkelanjutan.

Pemerintah lanjutnya, juga tengah menciptakan  sebanyak mungkin lapangan kerja baru yang berkualitas melalui Implementasi Undang-Undang Cipta Kerja yang terus kita percepat.

Sebagai informasi, Minggu lalu  pemerintah telah meluncurkan OSS, Online  Single Submission, yang  sangat mempermudah semua level dan jenis usaha, apalagi bagi  usaha yang berisiko rendah.

Urusan seperti perizinan, pengurusan  insentif  dan pajak bisa dilakukan  jauh lebih cepat, lebih transparan, dan lebih mudah. 

"Kesempatan ini harus dimanfaatkan  oleh pelaku  UMKM untuk mengembangkan usahanya," tutup Jokowi.