IHSG Menghijau Jelang Penetapan Suku Bunga Acuan

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 25/05/2021 12:43 WIB
IHSG Menghijau Jelang Penetapan Suku Bunga Acuan Ilustrasi. Indeks Harga Saham Gabunga (IHSG) hari ini dibuka menguat (Doc: 99)

RADARBANGSA.COM - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih melaju di zona positif pada perdagangan hari ini.

Mengutip data RTI, IHSG tengah hari ini menguat 64,98 poin atau 1,13 persen ke posisi 5.826. Didorong dengan aksi beli investor asing sebesar Rp 389 miliar di pasar reguler.

Beberapa sentimen positif yang membayangi pergerakan IHSG hari ini adalah penutupan Wall Street di zona hijau yang menbawa dampak besar ke pembukaan bursa Asia termasuk Indonesia.

Dari dalam negeri, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo diperkirakan akan menaha laju suku bunga cuan di 3,5 persen pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang sedang berlangsung pada 24-25 Mei.

Bank Indonesia kemungkinan akan mempertahankan suku bunga kebijakannya secara stabil, untuk melindungi rupiah di tengah sinyal baru bahwa Federal Reserve AS akan mulai mempertimbangkan pelonggaran stimulus tahun ini.

Dua puluh sembilan ekonom yang disurvei Bloomberg memperkirakan Bank Indonesia akan mempertahankan 7-day reverse repurchase rate pada rekor terendah 3,5% pada Rapat Dewan Gubernur, Selasa ini. Beberapa ekonom memproyeksi, BI akan mempertahankan level tersebut selama sisa tahun ini.

Mengutip dari Bloomberg, Ekonom Barclays Plc Brian Tan mengatakan, meskipun ekonomi Indonesia berkontraksi lebih dari yang diharapkan pada kuartal pertama, BI memiliki sedikit ruang untuk penurunan suku bunga lebih lanjut.

“Kami mencatat risiko bahwa bank sentral mungkin melihat pelonggaran kebijakan tambahan sebagai jaminan, tetapi kami ekspektasikan kekhawatiran atas volatilitas mata uang akan tetap berada di tangan BI dengan suku bunga kebijakan dan mengalihkan fokusnya ke pengungkit lain, seperti kebijakan makroprudensial,” ungkapnya.