Komisi XI DPR Minta Pemerintah Cari Solusi Pulihkan Pariwisata Bali

Rahmad Novandri | Senin, 12/04/2021 21:31 WIB
Komisi XI DPR Minta Pemerintah Cari Solusi Pulihkan Pariwisata Bali Drs Fathan Subchi (wakil Ketua Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia sampai saat ini terus berupaya memulihkan ekonomi nasional ditengah pandemi COVID-19. Sejumlah program telah dilakukan agar ekonomi Indonesia kembali bangkit.

Tak hanya itu, pariwisata menjadi salah satu tumpuan untuk pemulihan ekonomi nasional. Komisi XI DPR RI mendukung upaya pemerintah agar mencari solusi serta dukungan pendanaan baik dari skema kredit pariwisata maupun program-program untuk pariwisata dari seluruh kementerian dan lembaga agar perekonomian di Bali kembali tumbuh.

“Karena Bali merupakan daerah pariwisata nomor satu di Indonesia. Maka impact luar biasa dari segi tourism, makanan, transportasi, dan jumlah tenaga kerja yang diserap sangat berdampak di masa pandemi COVID-19. Dengan pariwisata kita tingkatkan maka otomatis recovery nasional akan tercapai,” ujar Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan Subchi seperti dikutip dari dpr.go.id, Senin, 12 April 2021.

Saat kunjungan kerja (Kunker) Reses Komisi XI DPR pada Sabtu, 10 April 2021 lalu, tim dari Komisi XI DPR melihat potret keseluruhan ekonomi Bali. Khususnya, dalam hal recovery sektor pariwisata dan juga terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sehingga kita tahu bahwa dunia pariwisata ikut memberikan kontribusi pada Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Setelah pertemuan tadi, kita optimis di tahun 2021 dengan target (pertumbuhan ekonomi) pemerintah (sebesar) 4,5 sampai 5,5 persen Bali bisa memberikan kontribusi yang cukup signifikan untuk pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar legislator Fraksi PKB itu.