Luhut Sebut Banyak Pejabat Tidak Gunakan Produk Dalam Negeri

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 03/03/2021 15:28 WIB
Luhut Sebut Banyak Pejabat Tidak Gunakan Produk Dalam Negeri Luhut Binsar Panjaitan (Menko Bidang Kemaritiman).

RADARBANGSA.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan mengatakan jika banyak dari pejabat indonesia menggunakan produk luar negeri dan bukan sebaliknya mendukung produk buatan dalam negeri.

Luhut menyayangkan hal itu mengingat telah terdapat peraturan dalam LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah)

“Masih banyak pejabat – pejabat kita yang mengabaikan peraturan bahwa harus menggunakan produk dalam negeri sepanjang itu buat di dalam negeri. Dan itu sudah dibuat dalam LKPP,” kata Luhut dalam Webiner Karya Kreatif Indonesia, Rabu 3 Maret 2021.

Ia mencatat setidaknya terdapat anggaran belanja modal/barang sebesar Rp1.200 Triliun. Jika setengahnya bisa dibuat untuk membeli produk dalam negeri maka tentu bisa menciptakan jutaan lapangan pekerjaan.

Luhut lantas meminta agar semua pihak bekerja dalam tim terintegrasi agar dapat mencapai tujuan dari terciptanya program bangga buatan indonesia.

“Saya minta kerjasamanya. Kesampingkan ego sektoral, saya ulangi  kesampingkan ego sektoral jangan merasa ini bukan bagiannya, ini bagian kita semua,” tutup Luhut.